Tuesday, August 15, 2017

Status Sejak Masa Zigot

Sedikit out of topic, jadi ceritanya sekarang udah jam 12 malem sedangkan besok harus bangun pagi-pagi. Tapi ya... disinilah aku. Akibat udah ga tahan pengen curhat hahaha.

Jadi.... kali ini saya akan membahas suatu topik yang sebenarnya jaraaaaaaaang sekali saya ceritakan ke siapa pun. Siapa pun. Mau itu ibu sendiri atau sahabat terdekat. Kalau pun mulai terbuka ya baru banyak cerita pas kuliah, itu pun cuman 1-2 orang yang bener-bener tau.

Kira-kira apa ya? Hmmmm..... Klunya 5 huruf.
Inisialnya 'cinta'. Hehe lawakan basi.

Udah ah langsung aja yuk.

Biasanya kalau lagi ketemu temen-temen lama pasti selalu ada saat dimana semua orang punya giliran buat cerita. Entah mengapa, cerita yang diangkat pasti ga jauh-jauh dari hubungan percintaan. Alfira pun hanya bisa diam membisu. Baru bersuara kalo memang semua orang udah selesai bercerita dan berujung mengganti topik, yang awalnya tentang romantika remaja jadi... apa pun yang bisa ku ceritakan dari hidupku hiks hiks sediiiih.

Bukan, bukannya menghindar untuk ngomongin hubungan percintaan. Tapi.. ya karena emang... status saya sejak masa zigot hingga mau memasuki usia 22 tahun masih sama, yaitu jomblo single. Tapi saya bangga kok dengan status itu :)

Kalau waktu masih SD dulu, saya masih beranggapan kalau pacaran itu ga boleh. Dosa. Suka-sukaan sama laki-laki aja kayaknya belum sih, pernahnya merasa ada sedikit gejolak aja gitu kalo 'diperhatiin' (baca: diledekin, dijailin wkwk) sama salah satu teman. Walaupun sebenernya di masa itu (sekitar tahun 2005) udah banyak yang pacaran loh. Bahkan udah ada temen yang pacaran sampai ke tahap meraba daerah intim bagian atas si perempuan. Waktu itu sih cuman tau satu pasangan aja yang udah ke tahap itu, ga tau deh realitanya berapa banyak. Jadi ga heran kalau jaman sekarang anak SD pacaran, panggilannya aja udah "ayah-bunda", atau yang paling ekstrim "almarhum-almarhumah". Bedanya.. dulu belum ada medsos jadi engga terlalu ke blow up.

Memasuki masa SMP, masih sama sih beranggapan kalau pacaran itu dosa. Tapi di sini akhirnya saya mulai menyukai seseorang secara diam-diam hahaha. Kejadiannya waktu kelas 7. Soalnya... dia ganteng, baik, soleh (tau dari mana coba ya anak SMP kalau dia soleh-__-), sama lumayan pinter sih. Tapi yaa itu.. cuman sekedar suka dalem hati aja. Sempet sih agak galau karena dia akhirnya pacaran dengan mantan teman sebangku ku sendiri :') Btw galaunya ga elit banget, dengerin lagu Sherina yang ga ada nyambung-nyambungnya sama cinta-cintaan. Tapi di situ saya ikhlas kok karena emang mantan teman sebangku saya itu anaknya baik dan cantiiik banget. Lagian saya juga ga ada rasa pengen pacaran sih. Cuma suka aja. Tapi sempet nekat SMS duluan, ceritanya mau ngingetin buat piket kelas ahahaha agresif juga ya Fir.

(Halo kalau ada teman kelas 7 SMP yang baca.. Percayalah, ini cerita sebenarnya. Kalau saya ga pernah ngaku waktu dulu, maafkan ya. Malu euy. Apalagi ternyata yang suka sama dia lumayan banyak).

Sepertinya puncak masa pubertas saya itu emang di masa SMP mungkin ya, terlihat dari labilnya saya dulu.. sulitnya penyesuaian sosial yang udah diceritain di post sebelumnya, dan tentunya kelebayan saya heeehe.

Nah, jadi setelah suka sama oknum di kelas 7 itu, akhirnya rasa suka saya beralih ke David Villa (?). Gatau deh kenapa, heran juga sampe sekarang mah. Tapi akhirnya sampai suatu ketika, ceritanya mau taubat. Engga mau lagi mengidolakan seseorang secara berlebihan selain Nabi Muhammad SAW. Gaya banget kan? Akhirnya rasa suka ini lagi-lagi beralih ke teman sekelas. Tapi intensitas rasa sukanya di bawah yang waktu kelas 7 itu sih. Tapi tetep deg degan kalau ketemu.. Jadi ga pede kalau diharuskan ngomong di depan kelas. Huuhuuu jijik kalo dinget-inget. Lagi-lagi ya cuma sekedar cinta monyet dalam hati, engga ada rasa pengen 'lebih' dari itu.

Lambat laun akhirnya rasa suka itu menghilang, daaaaaan bergantilah kepada seseorang yang intensitas ketemu dan berinteraksinya lebih banyak. Nah ini ni. Parah sih. Hahaha. Oknum ini sebenernya engga sekelas sih. Tapi ya begitu lah, intinya engga sekelas tapi lumayan sering berinteraksi. Pernah SMS-an, tapi... bukan buat pdkt melainkan membahas suatu hal yang memang menjadi kewajiban kami. Sungguh deh awalnya tuh biasa ajaaaaa, tapi karena sering becanda-becanda lama-lama jadi ada rasa yang berbeda. Duileh bahasanya. Kali ini, intensitas rasa sukanya lebihhh tinggi dibandingkan yang sebelum-sebelumnya. Suka cemburu kalau dia lebih deket sama temen deket perempuannya. Tapi ya bagaimana.. saya emang ga ada pikiran buat pacaran. Lagian, masa cewe duluan yang mengambil langkah? Ogah ah. Temen deket sempet nawarin buat ngejodohin, tapi saya tolak dengan lapang dada.

Walaupun engga mengambil langkah apa pun, tapi saya juga lumayan suka caper sih. Salah satunya: menyukai novel yang dia sukai juga. Sebenernya itu kebetulan, tapi karena saya tau dia suka novel itu, jadi suka sok-sok ngomongin novel itu di Twitter biar dimention hahaha. Ngomonginnya juga pas dia online dan mulai bales-balesin tweet. Hobi ngestalk twitter. Bahkan dulu kan sempet tuh engga punya FB, akhirnya minjem FB temen buat ngestalk FB dia. Super niat kan? Yang paling niat adalah.... nelfon doi pake private number malem-malem hahahaha astaghfirullah. Entahlah apa yang ada di pikiran Alfira ini.

Oknum ini nih yang saya jadikan tameng kalau "Alfira masih normal kooook, masih suka lawan jenis" ke temen-temen. Mulai terbuka juga ke sahabat-sahabat terdekat kalau saya suka sama dia walaupun ceritanya pas udah di ujung-ujung tahun terakhir sih. Bahkan sampe ke temen SMA bahkan. Karena... selama SMA bener-bener lebih parah lagi engga terlalu suka sama siapa-siapa. Mungkin karena diri ini terlalu camir :")

Jadi... ya selama SMP itu ku hanya berujung pada cinta monyet dalam hati. Kecuali yang terakhir ini nih. Kalau lagi belajar biasa gitu sih ga kepikiran apa-apa, karena terlalu asik dengan dunia sendiri. Tapi ada suatu kala kita dipertemukan di suatu acara, yang pertama waktu masih kelas 10 dan yang terakhir waktu kelas 12. Pas ketemu itu masih ada rasa girang "yes ketemu!' dan deg-degan banget bingung mau nyapa atau engga. Sempet juga udah excited dan sengaja dateng ke bukber rangkap reuni, tapi ternyata dia ga dateng. Sedih. Sok sibuk sih lu weyyyy sombong.

Ternyata... sampai kuliah masih suka keingetan bahkan, dan amat sangat menyesal waktu itu sempet bentrok acara bukber. Tapi kalau sekarang udah biasa aja kok, sungguh. Malah ngakak kalo di inget-inget. Nah tapi... sebenernya di penghujung SMA akhirnyaaaaa pernah suka juga sama sesama temen SMA walaupun baru sadar suka pas udah di penghujung tahun terakhir juga. Intensitas sukanya kurang lebih mirip sama kayak oknum di kelas 9 ini sih. Kasusnya sama, cuman sekedar cinta (kali ini engga pake monyet, karena beneran suka) dalam hati, engga terlalu ada rasa pengen lebih dari itu, dan dalam keseharian kampus engga pernah kepikiran. Kalau lagi masa liburan dimana kami diharuskan bertemu, nah itu tuh baru kerasa galaunya. Guess what? Saya baru bisa berdamai dengan rasa suka saya sama dia waktu dipenghujung kelulusan loh. Lama juga ya.

Kalau waktu semasa kuliah... waduh ini lagi. Lebih parah separah-parahnya dibanding SMA sih, karena aktifitasnya jauhhhhhh lebih padet. Makanya baru kepikiran cinta-cintaan kalo abis nonton drama korea aja atau abis ketemu sama si oknum di SMA itu. Sempet sih agak baper sama seorang senior. Waktu itu lagi rutiiin banget chat-chatan, tapi ya sebenarnya itu dalam rangka memenuhi kewajiban sih. Kebetulan saya ini orangnya super peka dan menangkap ada keanehan dari update-an dia. Saya beranggapan dia lagi suka sama seseorang. Gr gaksih? Gr laah.. karena waktu itu yang lagi rutin chat-chatan kan sama saya. Tapi ternyata.... dia berujung jadian sama orang lain wakakaka. Langsung deh udah ga suka lagi. Nah kasus itu saya anggap karena saya terlalu pd dan gr sih, sebenernya engga terlalu suka-suka banget sama senior itu. Mungkin karena selama ini jarang chat rutin sama lawan jenis jadi langsung baper.

And then.... here I am. Udah jadi sarjana tapi tetep aja engga pernah menjalin hubungan apapun. Sampe sempet tertohok dengan artikel Line Today yang kurang lebih isinya kira-kira ada ngga sih orang yang suka sama kita. Eh sebenernya sempet sih ada yang waktu itu temennya temen tiba-tiba ngechat minta kenalan. Tapi sungguh deh, saya ga suka yang kayak gitu. Yang entah berasal dari mana tiba-tiba datang begitu saja. Yang kalo di bales lama langsung ngeping (ceritanya chat lewat BBM). Terus titip salam lewat temen saya. Apaan coba? Yang ada malah risih. Saya maunya yang berjalan mengalir apa adanya, engga mau yang dipaksakan hehe. Tapi saya bersyukur kok, menunjukkan kalau ternyata saya ga lapuk-lapuk banget, masih ada yang mau deketin hahaha. Naik sedikit lah self-esteemnya.

Sampai pada akhirnya... saya lagi agak baper nih sama seseorang. Engga mau cerita lebih lanjut sih kenal dari mana dan ketemu dimana. Kebetulan saya itu kan orangnya kepo akut yah, jadi kalo mulai merasakan sedikit gejolak dan ada rasa penasaran, langsung lah kepoin instagram, facebook, search nama dia di Google sampe tau seluk beluknya. Parah si FBI kalah. Baru aja dua hari yang lalu ngestalk instagram yang berisi sekitar 200 foto, dibacain satu-satu pula yang komen difotonya. Sebenarnya yang bisa bikin saya kagum itu.... dari kesolehannya dan pemikirannya. Kayaknya dia juga belum pernah pacaran, kayaknya sih. Kan sempet nemu tuh blognya doi, pas baca tuh agak terenyuh gitu sampe nangis coba. Isinya... kurang lebih tentang hakikat mencintai.

Mungkin selama ini keadaan lah yang membuat saya menjomblo, alias emang ga ada laki-laki yang tertarik sama saya. Sayanya juga yang terlalu avoidant sama masalah ini, ga pernah pd sama diri sendiri. Jadi kalau sadar lagi suka sama seseorang, maka saya akan menjauh secara perlahan. Sebisa mungkin menjauhi interaksi dengan orang itu. Ga pernah kepikiran juga untuk pdkt duluan, karena emang belum terlalu mau pacaran. Tapi bohong kalo saya ga pernah ngiri tiap nonton film/drama, atau kalau liat temen sendiri yang pacaran. Dan ga pernah berusaha untuk mencari, misalnya kayak minta dikenalin temen atau lewat aplikasi semacam Tinder.

Semenjak saya baca caption Instagram dan post di blog oknum terakhir ini, saya jadi paham dan bener-bener bersyukur kalau selama ini menjomblo. Yang dulunya ga pd buat ngaku ke orang-orang karena belum pernah pacaran, takut dikira ga laku, tapi.. sekarang saya bangga. Bangga dan bersyukur kalau diri ini belum pernah sakit hati karena lawan jenis, belum pernah disentuh lawan jenis sekedar untuk memenuhi hawa nafsu juga. Bukan berarti saya merendahkan orang-orang yang pacaran yaaaa. Saya engga punya hak untuk itu. Itu kan pilihan individu masing-masing. Saya bukan lagi menggurui, tapi lagi menceritakan apa yang saya rasakan.

Saya juga bersyukur kok dipertemukan Allah sama oknum terakhir ini. Saya serasa dapet tamparan, kalau mencintai itu bukan hanya sekedar suka sama suka, atau sekedar untuk menyalurkan hasrat. Mencintai itu lebih indah dari itu. Indah... ketika kita bisa mencintai seseorang yang didasari kebaikan. Kebaikan yang dapat membawa kita kembali kepada Tuhan. Cinta yang diridhai Allah.

Btw kata-kata itu agak saya dapat dari blog oknum ybs, cuman gamungkin kan saya kutip? Nanti ketauan dong orangnya siapa... Tapi kira-kira seperti itulah.

Doakan saja ya teman-teman, semoga saya bisa istiqomah. Walaupun agak telat sih baru sadar dan dihayati bener-benernya sekarang. Cuman ya... satu kelemahan saya. Saya tuh orangnya gampang tersentuh, gampang baperan. Dibaikin dikit, bapernya kayak apa tau. Langsung ngepoin doi sedalam-dalamnya. Paling itu sih yang mau saya rubah. Doain juga saya bisa berenti ngestalk akun-akun si oknum terakhir ini yaaa. Belum kepikiran nantinya mau ta'aruf atau engga sih, yang jelas untuk saat ini bener-bener mau menjaga dan menata hati dulu.

Pokoknya doakan saya bisa istiqomah yaaaaa, aamiin ya Rabbal 'alamin..

No comments:

Post a Comment

bicaralah selagi bicara masih gratis