Monday, August 14, 2017

Identity vs Identity Confusion

Ada yang familiar dengan istilah di atas?

Bagi yang familiar, coba bantu koreksi saya kalau ada salah-salah penyampaian. Bagi yang belum, istilah di atas itu termasuk dalam salah satu tahap psikososial yang dikemukakan Erik Erikson. Tahap tersebut berlangsung selama usia remaja, yaitu sekitar 12-20 tahun (tidak ada angka yang pasti, karena perkembangan tiap-tiap orang bisa berbeda walaupun hanya beda tipis). Untuk lebih lengkapnya, silahkan cari sendiri di Google karena ini bukan mata kuliah psikologi perkembangan hehe.

Btwww, disclaimer: walaupun disini saya berusaha melatih kemampuan literacy saya, bukan berarti bakal menggunakan EYD yang baik dan benar ya. Istilah-istilah yang ada pun silahkan dikritisi ulang, jangan di copas buat tugas. Kalau saya tulis dengan kaidah penulisan EYD dan sumber informasi yang valid, mending saya bikin jurnal bukan curhat di blog hihi.

Nah, lanjut.

Sebelum memulai curhatan, ada baiknya saya mau mendeskripsikan diri ini secara singkat dari jaman SD hingga kuliah ya.

Menurut saya, saya adalah anak yang biasa-biasa aja sewaktu SD. Sebatas kegiatan sehari-hari anak SD deh, main permainan tradisional; petak umpet, nenek gerondong, etc. Kadang main kartu gaple, tuker-tukeran isi orji (eh gimana sih tulisanya?), atau isi binder (mengutamakan Adinata dan Harvest! haha), main PS1, main The Sims. Sampe kalo diinget-inget rasanya dulu tuh gapernah belajar.. Hobi prokrtastinasi pun dimulai semenjak SD, belajar hari H ulangan atau bahkan ga belajar sama sekali, ngerjain pr di jemputan pagi-pagi atau bahkan pas istirahat di mobil jemputan. Astaghfirullah... anak SD macam apa. Tapi saya yakin, dulu saya jago di matematika. Tapi nihil di Bahasa Inggris, ampun deh.

Lanjut. Setelah melewati masa-masa ujian yang kayaknya ga pernah belajar itu, akhirnya saya melanjutkan ke jenjang SMP. Dari kelas 7-9 di SMP, saya ngerasa menjadi orang yang berbeda-beda, engga kayak waktu SD yang hampir selalu gitu-gitu aja dari kelas 1-6 SD.

Waktu di kelas 7 alhamdulillah dikelilingi teman-teman yang easygoing jadi engga butuh adaptasi yang ekstra. Waktu di kelas 8, agak shock karena terpisah jauh sama temen-temen di kelas 7 dulu. Dan disini baru pertama pake kerudung, jadi yaa... agak merasa inferior sih sebenernya. Lebih banyak menghabiskan waktu di YM sih waktu itu, dengan teman-teman Gajel feat. Bontang tentunya. Waktu di kelas 9 akhirnya dipertemukan kembali dengan teman-teman yang lumayan deket di kelas 7 dulu. Tapi entah mengapa tetep merasa inferior dan engga terlalu bisa keluar sifat asli saya kayak di waktu kelas 7 dulu. Tapi mulai mengenal sahabat-sahabat perempuan, yang hobi jalan-jalan sama mereka gitu duileeeh.

FYI, dulu susah banget ijin keluar rumah sama ibu dan bapak!! Sungguh deeeeeeh. Jam 4 udah di telponin, pulang kapan dan naik apaaa. Makanya agak merasa kurang 'gaul'. Tapi kalo nanti saya jadi ibu-ibu, akan melakukan hal yang sama sih untuk anak yang masih seumuran SMP :p

Setelah kegaluan pemilihan SMA, akhirnya saya terdampar di SMA yang terletak di Duren Sawit. Nah di sini nih. Ga ngerti kenapa juga. Di sini mulai mengeluarkan kebinalan yang menetap dari kelas 10 dan bertambah parah hingga ke kelas 12. Terutama kalau lagi ngumpul sama temen-temen ekskul paskibra. Sampe ada julukan khususnya, yaitu 'camira'. Gausah dicari artinya apa yaaa :)

Tapi ya seneng siiiiih, akhirnya baru bener-bener bisa mengaktualisasikan diri (lebay deng) ini yang sebenarnya. Mau nyanyi-nyanyi sendiri di kelas? Bebas. Mau joget-joget? Bebas. Suka-suka aja lah waktu itu mah, sampe ga ada malunya :')

Dan...... hingga akhirnya... setelah melewati masa-masa kegalauan, tangisan, dan perjuangan bimbel dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam, tiap hari Senin hingga Sabtu, akhirnya niiih.... teng teng teng teng teng... SAYA MASUK UNIVERSITAS SWASTA!!! Yeaaaaaaaaaaaay.
*dilempar tomat sekampung*

Awal-awal sih kesel, tapi entah ini pembenaran atau engga, saya merasa amat sangat teramat bersyukur bisa kuliah di sana.

Lalu.. entah saya sadarnya selama atau setelah dibekali dengan teori-teori psikologi itu, atau emang saya mulai dewasa, yaaa saya baru sadar. Ternyata ini adalah jati diri saya yang sebenar-benarnya. Alfira yang kayak gini nih.

Setelah dianalisis, yaaa emang begitu proses pencarian identitas diri. Mulai dari SD hingga SMA, ternyata saya lumayan suka eksplorasi dan berganti-ganti minat. Mulai dari waktu SD yang menggeluti dunia per-Jepangan; beli banyak komik tapi belum di baca semua, biar keliatan gaya aja, hobi beli majalah Animonster, sok-sok nonton anime. Hal itu berlaku juga buat novel, koleksi lengkap novel karangan Andrea Hirata padahal yang dibaca cuman Laskar Pelangi. Pernah juga sok-sok penggila bola (yang saya sebenernya sangat malu kalau diinget-inget), jadi David Villa holic sampe punya buku khusus berisi artikel doi yang saya gunting dari koran atau majalah, mulai mengenal lagu-lagu berbahasa Inggris dan sok-sok demen Panic! at The Disco, ah banyak deh.

Intinya, ternyata selama masa-masa jahanam itu saya belum punya ke-autentik-an diri. Cenderung ngikutin apa yang lagi ngetren di lingkungan. Bahkan, waktu itu bikin blog aja sebenernya ikut-ikutan karena terinspirasi dari Raditya Dika. Saya juga merasa diri saya yang dulu cenderung berjalan secara otomatis, tanpa benar-benar mengkritisi segala informasi yang saya dapat. Tanpa benar-benar tau tujuan hidup itu apa. Waktu pakai kerudung aja karena sesimpel disuruh Ibu dan kewajiban sebagai muslimah. Bukan karena bener-bener pengen menaati apa yang Allah perintahkan, bener-bener menghayati untuk menutup aurat, bukan sekedar kain yang saya pakai di kepala saya.

Selain diri saya yang dulu belum punya keautentikan diri, ternyata saya adalah orang yang relationship oriented. Terlalu berlebihan malah, sampai takut engga diterima oleh kelompok, engga berani sendiri, ke kamar mandi aja minta ditemenin karena takut ngelewatin lorong, takut dikira engga punya temen. Mungkin karena cenderung ingin selalu diterima dan menimalisir permusuhan, makanya cenderung mengikuti apa yang lingkungan mau. Sampai akhirnya malah engga punya keautentikan diri. Sampe sempet apus lagu-lagu Glee di iPod karena temen les suka pada pinjem dan berkomentar, "apaansi nih lagunya Glee semua". Padahal kan ya suka suka saya mau suka Glee kek, dangdut kek.

Percaya engga percaya, dulu tuh saya orangnya pemalu B.A.N.G.E.T. Hemat bicara, sampai waktu TK sempet ditulis di rapot, "Alhamdulillah Fira sudah mulai bicara". Saya rasa karena saya termasuk tempramen slow to warm up. Jadi kalau di lingkungan baru, engga bisa tuh langsung mengeluarkan sifat asli. Pasti observasi dulu... liat-liat dulu orang-orang di lingkungan baru itu kayak gimana. Btw soal pemalu, dulu aja takuuuuuuut banget buat persentasi atau ngomong di depan kelas. Sekedar jawab atau ngasih opini aja takut. Takut dinilai sok tau, takut jawabannya salah. Ck ck.

Ya.. kurang lebih seperti itu lah diri Alfira yang dulu. Akhirnya pas kuliah mulai bisa mengatasi itu semua. Tapi jiwa eksplorasinya masih tinggi karena hampir ingin mengikuti semua UKM hahaha. Ujung-ujungnya terdampar di dua UKM dan dua periode ikut SEMA fakultas. Yang awalnya cuma jadi anggota hingga akhirnya bisa jadi ketua atau kepala divisi di semua organisasi itu. Yang awalnya pas ospek pendiem, ga pernah mau ngasih pendapat, kalau persentasi gugup, hingga akhirnya (menurut saya sih, mohon maap kalo kepedean), sering diandalkan untuk bagian cuap-cuap, ngasih masukan atau kritikan, presentasi, dan sebagainya. Sempet juga diandalkan untuk jadi MC atau moderator (walaupun sebatas acara diskusi ilmiah), pernah juga untuk acara semi-formal, dan baru aja kemarin presentasi dengan bahasa Inggris tentang penelitian skripsi di Singapur dulu.

Untuk masalah takut sendiri... pernah juga menantang diri sendiri untuk ke mall, dan nonton di bioskop sendiri. Bermodalkan beli shihlin, chatime, dan popcorn biar engga garing-garing amat, akhirnya saya berhasil nonton sendiri dengan pede. Ketawa ya ketawa aja walaupun engga ada temen ketawa. Makan dan ngerjain skripsi sendiri di mekdi atau dankin donat.

Hehehehehe. Panjang juga yaaa curhatan kali ini. Tapi saya seneng, akhirnya bisa ngungkapin ini. Karena selama ini saya lebih sering mendengarkan cerita orang, suliiiiiiiiiiiiiit banget buat ngebuka diri ke orang lain. Tapi kalau cerita ga penting mah sering yaaa, cuman jarang buat ceritain hal-hal personal. Jadi ini adalah salah satu pencapaian saya juga, bisa terbuka tentang diri saya di depan banyak orang.

Dari segala kekurangan saya di masa lalu, sebenernya belum sepenuhnya teratasi karena kecenderungan untuk selalu ingin diterima di linkungan itu masih ada. Kecenderungan untuk mengikuti orang lain agar diterima pun juga masih ada. Tapi paling tidak saya sudah sadar, dan bisa mengingatkan diri saya untuk jadi pribadi Alfira yang seutuhnya. Alfira yang autentik. Alfira yang begini apa adanya, yang belum tentu semua orang suka, yang belum tentu sama dengan apa yang semua orang inginkan.

Untuk kalian-kalian yang masih berjuang mencari identitas, nikmati aja prosesnya. Jangan lelah buat eksplorasi akan hal-hal apa yang sebenarnya kalian sukai. Akan apa tujuan kalian hidup di dunia ini (?). Jangan lupa juga untuk memberikan reward pada diri sendiri, yang sudah berjuang dari kebingungan-kebingungan yang ada, dan mau menghadapi tantangan yang ada.

Akhir kata, terima kasih atas perjuangannya ya, Fir!

No comments:

Post a Comment

bicaralah selagi bicara masih gratis